Kesesuaian Karakteristik Kawasan Simpul Perpindahan Moda Transportasi Berbasis Transit Oriented Developmet (TOD) di Kawasan Transit Terminal Batu Ampar
DOI:
https://doi.org/10.35718/compact.v3i1.1163Kata Kunci:
Tata Guna Lahan, Transportasi, Transit Oriented DevelopmentAbstrak
Pertumbuhan penduduk kota Balikpapan dipengaruhi oleh migrasi masuk. Pertumbuhan penduduk Kota Balikpapan tentunya memberikan dampak besar bagi sistem pergerakan yang ada di Kota Balikpapan. Kota Balikpapan memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi, yang mana terlihat dari meningkatnya investasi dan pembangunan infastruktur dari tahun ke tahun sehingga mendorong terjadinya peningkatan perjalanan orang dan barang dengan menggunakan sarana transportasi. Selain itu, adanya perkembangan dan perubahan fungsi tata guna lahan yang mempengaruhi bangkitan, tarikan dan sistem pergerakan serta karaketistik lalu lintas Kota Balikpapan. Berdasarkan hal tersebut,dalam perencanaan sistem transportasi Kota Balikpapan, dibutuhkannya rencana pengembangan transportasi dengan menggunakan Konsep TOD yang mana memiliki fungsi pemanfaatan ruang campuran yang padat dengan intensitas pemanfaatan ruang yang sedang hingga tinggi untuk mengurangi ketidakmerataan persebaran penduduk, mencegah permasalahan transportasi berupa kemacetan, dan menjaga ketersediaan lahan Kota Balikpapan khususnya Terminal Batu Ampar dan untuk mengetahui Potensi Pengembangan kawasan simpul perpindahan moda transportasi berbasis TOD (Studi Kasus: Terminal Batu Ampar). Tujuan tersebut dicapai dengan memenuhi 3 tahapan. Pertama, analisis karakteristik simpul perpindahan moda kota Balikpapan secara deskriptif. Kedua, analisis persandingan antara karakteristik kondisi eksisting terminal Batu Ampar dengan Standar TOD Permen ATR BPN No. 16 Tahun 2017. Terakhir, analisis hasil dari sasaran satu dan dua untuk mendapatkan skenario pengembangan kawasan simpul perpindahan moda transportasi berbasis TOD pada Kawasan Transit Terminal Batu Ampar.
…
Kata Kunci : Transportasi, Tata Guna Lahan, Transit Oriented Development
Referensi
Adisasmita, S. (2011). Transportasi dan pelngelmbangan wilayah. Graha Ilmul.
Aminah, S. (2018). Transportasi Pulblik dan Akselsibilitas Masyarakat Pelrkotaan. Julrulsan Ilmul Politik FISIP, Ulnivelrsitas Airlangga.
Ayulningtias, S. H., & Karmilah, M. (2019). PElNElRAPAN TRANSIT ORIElNTElD DElVElLOPMElNT (TOD) SElBAGAI UlPAYA MElWUlJUlDKAN TRANSPORTASI YANG BElRKElLANJUlTAN. Pondasi, 24(1), 45. https://doi.org/10.30659/pondasi.v24i1.4996
Azis, R. (2018). Pelngantar Sistelm dan Pelrelncanaan Transportasi. Delelpulblish.
Black, J. (1981). Ulrban Transport Planning: Thelory and Practicel (illulstrateld eld.). Johns Hopkins Ulnivelrsity Prelss.
Falk, T., & Ablelr, R. (1980). Intelrcommulnications, Distancel, and Gelographical Thelory. Gelografiska Annalelr: Selriels B, Hulman Gelography, 62(2), 59–67. https://doi.org/10.1080/04353684.1980.11879455
Handayelni, K. D. M. El. (2014). TOD Belst Practicel: Lelsson Lelarneld for GHG Mitigation on Transportation Selctor in Sulrabaya City, Indonelsia. Proceldia - Social and Belhavioral Scielncels, 135, 152–158. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.340
Helrlin, T. (n.d.). PElNGElMBANGAN TRANSIT ORIElNTElD DElVElLOPMElNT (TOD) KAWASAN SElNElN JAKARTA PUlSAT.
Khisty, J., & Lall, K. (2003). Dasar-dasar Relkayasa Transportasi. Elrlangga.
Laskara, G. W. (2016). STRATElGI IMPLElMElNTASI KONSElP “COMPACT CITY” MElNUlJUl PElNGElMBANGAN KAWASAN PElRKOTAAN BElRKElLANJUlTAN.
Mahargita, R., & Sulhartini, N. (2023). Pelnelrapan Karaktelristik Pelmadatan Gulna Lahan Campulran melnuljul Konselp Kota Kompak di Indonelsia. 5(2).
Masyithah, A. J., -, S., & Handayelni, K. D. M. El. (2021). PElNElRAPAN KONSElP TRANSIT ORIElNTElD DElVElLOPMElNT DALAM PElNGElMBANGAN KAWASAN JElMBATAN MElRAH SUlRABAYA. Delsa-Kota, 3(2), 148. https://doi.org/10.20961/delsa-kota.v3i2.43892.148-161
Mulkhid, A. (2021). Melteldologi Pelnellitian Pelndelkatan Kulantitatif. CV Jakad Meldia Pulblishing.
Noycel, D. A. (2009). Relvielw of Traffic and Highway Elnginelelring, Foulrth Eldition, by Nicholas J. Garbelr and Lelstelr A. HoellTraffic and Highway ElnginelelringCElNGAGEl Lelarning$160: CElNGAGEl Lelarning, Toronto ON, Canada; 2009; 1,230 pp. Pricel: $160. Joulrnal of Transportation Elnginelelring, 135(4), 250–251. https://doi.org/10.1061/(ASCEl)0733-947X(2009)135:4(250)
Ramadhan, M. (2021). Meltodel Pelnellitian. Cipta Meldia Nulsantara, 2021.
Tamin, O. Z. (2000). Pelrelncanaan dan pelmodellan transportasi (2nd eld). Pelnelrbit ITB.
Tulfail, D. N., Nulgroho, R. A., & Syafitri, El. D. (n.d.). KRITElRIA LOKASI PElRElNCANAN TRANSIT ORIElNTElD DElVElLOPMElNT SElBAGAI SIMPUlL UlTAMA SISTElM ANGKUlTAN UlMUlM.
Wulnas, S., & Natalia, V. V. (2011). INTElGRATElD SPATIAL PLANNING DAN TRASNPORTATION SYSTElM TO RElDUlCEl MOBILITY IN SUlBUlRBAN ARElA.
Yulono, D. (2020). PElNGElMBANGAN BElRORIElNTASI TRANSIT SElBAGAI PElMElCAHAN MASALAH TRANSPORTASI.
Pelrmeln ATR/BPN No. 16 tahuln 2017, Peldoman Pelngelmbangan Kawasan Belrorielntasi Transit
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 COMPACT: Spatial Development Journal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.