Analisis Hotspot (Getis Ord Gi*) Pola Spasial Frekuensi Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Balikpapan

Penulis

  • Maylani Angelina Simanungkalit Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan
  • Arief Hidayat Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan
  • Rizky Arif Nugroho Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan
  • Andi Sahputra Depari Arsitektur, Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.35718/compact.v3i1.1156

Kata Kunci:

arcgis, kecelakaan lalu lintas, getis-ord gi*, hostpot, pola spasial

Abstrak

Transportasi adalah elemen utama dalam pembangunan kota dan ekonomi, namun pertumbuhan pesat transportasi dan kompleksitas masalahnya menciptakan kebutuhan mendesak akan solusi efektif, terutama terkait kecelakaan lalu lintas yang signifikan di Indonesia, termasuk di Kota Balikpapan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pola spasial kecelakaan lalu lintas di Balikpapan menggunakan metode Getis-Ord Gi* untuk mengidentifikasi area dengan frekuensi kecelakaan tinggi (hotspot) dan rendah (coldspot). Data sekunder dari berbagai sumber digunakan dalam analisis ini. Dengan pemodelan spasial menggunakan ArcGIS, hasil menunjukkan bahwa hotspot kecelakaan tertinggi berada di Kecamatan Balikpapan Utara bagian Barat, Balikpapan Kota, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Selatan. Temuan ini diharapkan dapat membantu dalam merancang strategi pencegahan kecelakaan yang lebih efektif untuk meningkatkan keselamatan jalan di Kota Balikpapan.

 

 

Kata-kunci : ArcGIS, kecelakaan lalu lintas, Getis-Ord Gi*, hotspot, pola spasial

Referensi

Álvarez, P., Fernández, M. A., Gordaliza, A., Mansilla, A., & Molinero, A. (2020). Geometric road design factors affecting the risk of urban run-off crashes. A case-control study.

Benny, I Gede, and Dwija Arta. “Kajian Spasial Tingkat Kerawanan Kecelakaan Lalu Lintas Di Sebagian Ruas Jalan Kota Denpasar.”

Di, L., Yogyakarta, P. D. I., Mada, G., Ilmu, D., Geografi, I., Geografi, F., Gadjah, U., & Yogyakarta, M. (2023). Nalisis Pola Spasial Kasus Kecelakaan Lalu. Viii(2).

Hidayat, Putri Amalia, Esti Sarjanti, and Fakultas Keguruan. 2023. “Analisis Distribusi Spasial UMKM Gula Merah Desa Cintaratu Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis.” 7: 2103–1

Kurniawan, Andri, and Mohammad Isnaini Sadali. “Pemanfaatan Analisis Spasial Hot Spot ( Getis Ord Gi *) Untuk Pemetaan Klaster Industri Di Pulau Jawa Dengan Memanfaatkan Sistem Informasi Geografi.” : 1–21.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 30 Tahun 2o21 Tentang Peyelenggaraan Bidang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan

Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 102 Tahun 2022 tentang Komite Nasional Keselamatan Transportasi

Fatimah, S., 2019. Pengantar transportasi. Myria Publisher.

Ferna, Miguel A, Alfonso Gordaliza, and Alberto Mansilla. 2020. “Geometric Road Design Factors Affecting the Risk of Urban Run-off Crashes . A Case-Control Study.” : 1–14.

Haris, Inka Valentine et al. 2012. “Di Jalan Kolektor Primer Wilayah Gresik Bagian Selatan Tahun 2012.”

Jalan, Penanganan, D A N Lereng, and Ari Sandyavitri. 2010. “HPJI , 2010 Conference , Nusa Dua , Bali.” : 1–12.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-24

Cara Mengutip

Simanungkalit, M. A., Hidayat, A., Nugroho, R. A., & Depari, A. S. (2024). Analisis Hotspot (Getis Ord Gi*) Pola Spasial Frekuensi Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Balikpapan. COMPACT: Spatial Development Journal, 3(1). https://doi.org/10.35718/compact.v3i1.1156

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>