Analisis Pola Sebaran Lokasi Minimarket Pada Kelurahan Muara Rapak
DOI:
https://doi.org/10.35718/compact.v3i1.1153Kata Kunci:
Pesebaran Lokasi, Minimarket, Analisis Buffer, Average Nearest NeighboorAbstrak
Minmarket merupakan bagian dari pasar ritel modern, telah mengalami pertumbuhan yang pesat di berbagai Kawasan permukiman, termasuk Kelurahan Muara Rapak, Kota Balikpapan Minimarket telah menjadi salah satu pilihan Masyarakat dalam berebalnja yang menyediakan kemudahan dan manajeman pelayanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan sehari hari masyarakat. Ritel ini menawarkan pengalaman berbelanja yang bersih dan nyaman, jam layanan yang lebih lama, serta menyediakan berbagai metode pembayaran yang modern. Tujuan utama studi ini adalah untuk mengetahui dampak dari pertumbuhan minimarket yang terdapat pada Kawasan Kelurahan Muara Rapak. Dengan menggunakan metode Average Nearest Neighbor saat menganalisis pola distribusi, penelitian menunjukkan bahwa pola sebaran minimarket di Kelurahan Muara Rapak memiliki nilai kritis (z-score) sebesar 3,342479. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa distribusi minimarket saat ini bersifat seragam. Namun, dari evaluasi terhadap aksesibilitas layanan melalui teknik penyangga dan jaringan jalan, ditemukan bahwa beberapa minimarket di Kelurahan Muara Rapak tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut. Berdasarkan hasil prefensi masyarakat bahwa lokasi minimarket tidak sesuai melayani kepentingan dalam berbelanja hal tersebut berbanding lurus dengan pertumbuhan minimarket yang berpola seragam pada satu ruas jalan saja.
Referensi
Bela Hidayah, & Amin, C. (2021). Analisis Pola Spasial dan Faktor Pemilihan Lokasi Minimarket di Kabupaten Klaten.
Media Komunikasi Geografi/Media Komunikasi Geografi, 22(2), 171–171.
Iffah, M., Fauzul Rizal Sutikno, & Sari, N. (2021). Pengaruh Toko Modern Terhadap Toko Usaha Kecil Skala Lingkungan (Studi Kasus : Minimarket Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Tata Kota Dan Daerah, 3(1), 55–63.
Hidayah, U., Permana, M., Farisa, M., Amo, A., Kurniawati, P., Studi, P., Wilayah, D., & Kota. (n.d.). ANALISIS SEBARAN MINIMARKET DALAM STRUKTUR RUANG KOTA TANGERANG SELATAN DISTRIBUTION ANALYSIS OF MINIMARKETS IN THE SPATIAL STRUCTURE OF THE TANGERANG SELATAN CITY.
Idris, Fajar. 2014. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Di Toko Fajar Sport Kecamatan
Pedurungan Kota Semarang”. Diponegoro Journal of Management : 64-72 Indrasari, Dr. Meithiana. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya:
Unitomo Press.
Marina, Syahira & Setyono, Jawoto. (2012). Kajian Perkembangan dan Lokasi Minimarket di Kawasan Tembalang.
JURNAL PEMBANGUNAN WILAYAH & KOTA. 8. 191. 10.14710/pwk.v9i2.11571.
Meika Deby Priyanka, & Eppy Yuliani. (2019). ANALISIS TINGKAT JANGKAUAN PELAYANAN PENGEMBANGAN MINIMARKET DI KORIDOR JALAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN STUDI KASUS KORIDOR JL. SEMARANG-BOJA KECAMATAN MIJEN. Jurnal Planologi, 14(1), 75–75.
Muhammad Ilham, & Bambang Hari Wibisono. (2023). Pola Spasial Kejahatan Pencurian Berdasarkan Aspek Temporal di Kecamatan Kadia. Specta, 7(3), 711–722.
Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia. Nomor 70/M- DAG/PER/12/2013 Tentang Penataan dan
Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Menteri Perdagangan Republik Indonesia.
Peraturan Presiden Republik Indonesia. Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 COMPACT: Spatial Development Journal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.