Tingkat Kepuasan Penghuni Perumahan berdasarkan Perspektif Penghuni Perumahan
DOI:
https://doi.org/10.35718/compact.v2i2.909Kata Kunci:
Perumahan Subsidi, MBRAbstrak
Program sejuta rumah merupakan solusi untuk mengurangi backlog perumahan dengan membangun rumah sederhana dan subsidi sebagai implementasi dari program tersebut. Namun, menurut masyarakat yang menjadi penerima manfaat program, mengungkapkan ketidakpuasan terhadap implementasi program. Salah satu masalah utama dalam rumah subsidi hasil implementasi dari program sejuta rumah yaitu aspek prasarana, sarana dan utilitas rumah. Adapun perumahan subsidi yang terdapat di Kota Balikpapan yaitu Perumahan Green Valley, Kariangau. Oleh karena itu, perlu dianalisis mengenai tingkat kepuasan warga yang tinggal di perumahan sebagai penerima manfaat dari program tersebut. Tujuan penelitian ini ialah menilai tingkat kepuasan penghuni rumah di Perumahan Green Valley. Metode analisis pada penelitian ini yaitu analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan penghuni perumahan rumah subsidi berdasarkan perspektif penghuni Perumahan Green Valley sebagai penerima manfaat program sejuta rumah berdasarkan hasil perhitungan CSI yaitu 59% masuk ke dalam kriteria CSI dengan interpretasi cukup puas.
Referensi
Bramantyo, B., Tyas, W. P., & Argyantoro, A. (2019). Aspek Kualitas Rumah Subsidi Pada Program Rumah Murah Berdasarkan Perspektif Penerima Manfaat (Studi Kasus: Perumahan Subsidi Mutiara Hati Semarang). Jurnal Permukiman, 14(1), 1-9.
Gofur, R. R., & Jumiati, I. E. (2021). Analisis Kebijakan Program Sejuta Rumah: Sebuah Tinjauan Literatur. Administratio, 12(2), 113-120.
Indonesia, K. N. P. R. R. (2006). Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 15/Permen. M/2006 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pengembangan Kawasan Nelayan.
Nata, P. D., & KEWILAYAHAN, J. T. I. D. (2020). Tingkat Kepuasan Penghuni Perumahan Produk Program Sejuta Rumah Terhadap Penyediaan Komponen Fisik Perumahan.
Umam, R. K., & Hariastuti, N. P. (2018, September). Analisa Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA). In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (pp. 339-344).
Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui pola kepuasan pelanggan pada e-commerce model business to customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 COMPACT: Spatial Development Journal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.