Strategi Pengembangan Industri Pariwisata Pulau Kaniungan Kampung Teluk Sumbang Kecamatan Biduk Biduk
DOI:
https://doi.org/10.35718/compact.v3i1.1144Kata Kunci:
Kata-kunci : Pariwisata, Industri, Pengembangan, SWOT, QSPMAbstrak
Pemerintah Daerah Kabupaten Berau dalam hal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata saat ini belum memiliki suatu strategi perencanaan dan pengembagan industri pariwisata yang komprehensif dan perencanaan dan pengembangan yang dilakukan masih bersifat sektoral. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat penurunan jumlah angka wisatawan dimana pada tahun 2022 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kaniungan adalah sebanyak 3.171 jiwa sedangkan pada tahun 2023 hanya sebanyak 2.164 jiwa. Pengembangan dan pengelolaan industri pariwisata yang baik dibutuhkan untuk menangani permasalahan yang ada di Pulau Kaniungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi eksisting industri pariwisata, serta strategi yang diperoleh berdasarkan analisis SWOT faktor internal dan eksternal, kemudian merumuskan strategi pengembangan industri pariwisata menggunakan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil temuan yang didapatkan adalah terdapat 11 strategi pengembangan industri pariwisata yang dapat memberikan solusi komprehensif terhadap permasalahan industri pariwisata di Pulau Kaniungan.
Kata-kunci : Pariwisata, Industri, Pengembangan, SWOT, QSPM
Referensi
Adityaji, R. (2018). FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT: STUDI KASUS KAWASAN PECINANKAPASAN SURABAYA. Jurnal Pariwisata
Pesona, Volume 03, 24-29.
Andriani Eko Prihatiningrum, Fitri Novika Widjaja, Erna Andajani. (2017). Pengembangan Potensi Desa Wisata melalui Analisa SWOT Di Kecamatan Kalitidu Bojonegoro. Seminar Nasional dan Gelar Produk | SENASPRO 2017, 911-913.
Kornelia Roswita Masu, Tettie Setiyarti, Ida Ayu Komang Juniasih, Ida Ayu Trisna Wijayanthi. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA BUDAYA KAMPUNG TODO DI KECAMATAN SATAR MESE UTARA KABUPATEN MANGGARAI. JURNAL ECONOMINA, Volume 2, 2405-2408.
Liana, Y. K. (2019). Analisis Minat Wisatawan Lokal Terhadap Taman Rekreasi di Tangerang Selatan. Pariwisata, Vol.
No. 2 September 2019, 129-130.
M., A. B., & Santosa, P. B. (2013). ANALISIS PERMINTAAN OBYEK WISATA MASJID AGUNG. JOURNAL OF ECONOMICS, 2, 3-4.
Maria, E., & Kadarusman. (2013). PENERAPAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM).
Manajemen dan Akuntansi, 2, 35-42.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 COMPACT: Spatial Development Journal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.