Strategi Pengembangan Industri Pariwisata Pulau Kaniungan Kampung Teluk Sumbang Kecamatan Biduk Biduk

Penulis

  • Fallencio Fellyx Moningka Perencanaan Wilayah dan Kota, Institu Teknologi Kalimantan
  • Ajeng Nugrahaning Dewanti Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan
  • Dwiana Novianti Tufail Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan
  • Rizky Arif Nugroho Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.35718/compact.v3i1.1144

Kata Kunci:

Kata-kunci : Pariwisata, Industri, Pengembangan, SWOT, QSPM

Abstrak

Pemerintah Daerah Kabupaten Berau dalam hal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata saat ini belum memiliki suatu strategi perencanaan dan pengembagan industri pariwisata yang komprehensif dan perencanaan dan pengembangan yang dilakukan masih bersifat sektoral. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat penurunan jumlah angka wisatawan dimana pada tahun 2022 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kaniungan adalah sebanyak 3.171 jiwa sedangkan pada tahun 2023 hanya sebanyak 2.164 jiwa. Pengembangan dan pengelolaan industri pariwisata yang baik dibutuhkan untuk menangani permasalahan yang ada di Pulau Kaniungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi eksisting industri pariwisata, serta strategi yang diperoleh berdasarkan analisis SWOT faktor internal dan eksternal, kemudian merumuskan strategi pengembangan industri pariwisata menggunakan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil temuan yang didapatkan adalah terdapat 11 strategi pengembangan industri pariwisata yang dapat memberikan solusi komprehensif terhadap permasalahan industri pariwisata di Pulau Kaniungan.

Kata-kunci : Pariwisata, Industri, Pengembangan, SWOT, QSPM

Referensi

Adityaji, R. (2018). FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT: STUDI KASUS KAWASAN PECINANKAPASAN SURABAYA. Jurnal Pariwisata

Pesona, Volume 03, 24-29.

Andriani Eko Prihatiningrum, Fitri Novika Widjaja, Erna Andajani. (2017). Pengembangan Potensi Desa Wisata melalui Analisa SWOT Di Kecamatan Kalitidu Bojonegoro. Seminar Nasional dan Gelar Produk | SENASPRO 2017, 911-913.

Kornelia Roswita Masu, Tettie Setiyarti, Ida Ayu Komang Juniasih, Ida Ayu Trisna Wijayanthi. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA BUDAYA KAMPUNG TODO DI KECAMATAN SATAR MESE UTARA KABUPATEN MANGGARAI. JURNAL ECONOMINA, Volume 2, 2405-2408.

Liana, Y. K. (2019). Analisis Minat Wisatawan Lokal Terhadap Taman Rekreasi di Tangerang Selatan. Pariwisata, Vol.

No. 2 September 2019, 129-130.

M., A. B., & Santosa, P. B. (2013). ANALISIS PERMINTAAN OBYEK WISATA MASJID AGUNG. JOURNAL OF ECONOMICS, 2, 3-4.

Maria, E., & Kadarusman. (2013). PENERAPAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM).

Manajemen dan Akuntansi, 2, 35-42.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-24

Cara Mengutip

Moningka, F. F., Dewanti, A. N., Tufail, D. N., & Nugroho, R. A. (2024). Strategi Pengembangan Industri Pariwisata Pulau Kaniungan Kampung Teluk Sumbang Kecamatan Biduk Biduk. COMPACT: Spatial Development Journal, 3(1). https://doi.org/10.35718/compact.v3i1.1144

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>