Identifikasi Kondisi Kualitas Pelayanan Air Bersih Berdasarkan Persepsi Masyarakat Di Kelurahan Baru Tengah, Kota Balikpapan

Penulis

  • Mutiara Sinaga Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan
  • Maryo Inri Pratama Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan
  • Elin Diyah Syafitri Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan
  • Mohtana Kharisma Kadri Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.35718/compact.v3i1.1150

Kata Kunci:

air bersih, kontinunitas, kualitas, kuantitas

Abstrak

Distribusi air bersih di Kelurahan Baru Tengah dilakukan oleh PERUMDA Tirta Manuntung Kota Balikpapan. Pelayanan air bersih yang diberikan saat ini masih menimbulkan keluhan dari masyarakat, yaitu terkait kontinuitas air yang tidak kontinu 24 jam. Kurangnya pelayanan air bersih akan berakibat terhadap tidak terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan air bersih baik secara kuantitas, kualitas dan kontinuitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi kualitas pelayanan air bersih yang diterima masyarakat. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari kuesioner pelanggan PDAM di Keluhan Baru Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis skoring. Berdasarkan hasil analisis diketahui kondisi kualitas pelayanan air bersih berdasarkan persepsi masyarakat di Kelurahan Baru Tengah memiliki rata-rata skor jawaban dengan kondisi kualitas pelayanan kategori buruk.

Kata-kunci : Air Bersih, Kontinuitas, Kualitas, Kuantitas

Referensi

Agustina, D. V. (2007). Analisa Kinerja Sistem Distribusi Air Bersih Pdam Kecamatan Banyumanik Di Perumnas Banyumanik, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Apriyana, P. (2010). Evaluasi Kinerja Pelayanan Air Bersih Komunal Di Wilayah Pengembangan Ujung Berung Kota Bandung. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 21(2), 95-110.

Nusa Idaman Said & Yudo Satmoko. (2008). Teknologi Pengolahan Air Minum- Teori dan Pengalaman Praktis. Pusat Teknologi Lingkungan BPPT.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492 Tahun 2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 18 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.

Peraturan Pemerintah Nomor 122 Tahun 2015 Tentang Sistem Penyediaan Air Minum.

Wahyuni, R. M. (2017). Optimalisasi Pelayanan Air Bersih Kota Gresik Berdasarkan Tingkat Pelayanan Terhadap Masyarakat, Skripsi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-24

Cara Mengutip

Sinaga, M., Pratama , M. I., Syafitri , E. D., & Kadri, M. K. (2024). Identifikasi Kondisi Kualitas Pelayanan Air Bersih Berdasarkan Persepsi Masyarakat Di Kelurahan Baru Tengah, Kota Balikpapan. COMPACT: Spatial Development Journal, 3(1). https://doi.org/10.35718/compact.v3i1.1150

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>