Exploration of the Application of Holographic Technology in Elementary Learning: Case Review
DOI:
https://doi.org/10.35718/specta.v8i3.1254Kata Kunci:
Pendidikan dasar, holografik, penciptaan, IKNAbstrak
Penunjukan Nusantara sebagai ibu kota baru Indonesia menghadirkan peluang unik untuk mengintegrasikan teknologi mutakhir ke berbagai sektor, termasuk pendidikan. Pembelajaran tradisional telah menjadi tulang punggung sistem pendidikan, tetapi di dunia yang berkembang pesat saat ini, diperlukan pendekatan yang lebih inovatif untuk melibatkan siswa dan meningkatkan hasil pembelajaran. Pendidikan tinggi, khususnya, harus mengadopsi metode pengajaran modern yang mendorong keterlibatan dan interaksi siswa dengan materi pembelajaran. Salah satu kemajuan yang menjanjikan adalah pengenalan teknologi holografik, yang berpotensi merevolusi cara pengetahuan dibagikan dan dikonsumsi. Meskipun penggunaannya dalam pendidikan masih dalam tahap awal, teknologi holografik, khususnya hologram realitas campuran yang menggabungkan realitas tertambah dan virtual, dapat menciptakan pengalaman pembelajaran imersif yang memadukan lingkungan dunia nyata dengan objek virtual. Makalah ini mengeksplorasi konsep dasar teknologi holografik, mengevaluasi dampaknya terhadap keterlibatan siswa, dan peran potensialnya dalam mengubah pendidikan. Penelitian ini mengidentifikasi kekuatan dan keterbatasan hologram sebagai alat pembelajaran, menilai efektivitasnya dalam pendidikan dasar saat ini. Studi kasus dan penelitian terkait di Nusantara menunjukkan penerapan praktis teknologi ini di kelas. Studi ini juga menawarkan wawasan tentang bagaimana lembaga pendidikan dapat mulai mengadaptasi sistem mereka untuk menggabungkan perangkat holografik, yang bertujuan untuk mendorong lingkungan belajar yang lebih inovatif dan efektif bagi generasi mendatang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sasferi Yendra

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-NoDerivs 4.0 Generic(CC BY-ND 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
						
							













