Pembuatan Sistem Informasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SI-SEPI) Berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.35718/specta.v4i1.173Abstract
Mahasiswa dituntut memiliki softskill disamping kompetensi intelektual dan professional (hardskill). Hal ini dikarenakan pendidikan bertujuan mengolah pikir suatu mahasiswa, baik untuk kecerdasan intelektual, emosional maupun spiritual. Saat ini, dunia pasca kuliah percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul dan handal adalah seseorang yang tidak hanya mahir dalam hardskill saja, melainkan juga dalam aspek softskill. Oleh karena itu, setiap institusi mengeluarkan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) untuk membantu mahasiswa dalam menghadapi dunia pasca kuliah. Surat keterangan pendamping ijazah atau kerap disebut dengan SKPI adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh institusi perguruan tinggi. SKPI memuat hal-hal yang mencakup capaian akademik atau kualifikasi dari pendidikan tinggi bergelar. Dalam uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, terusul suatu gagasan untuk membuat website sistem informasi surat keterangan pendamping ijazah. Studi kasus penelitian ini dilakukan pada Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, perancangan sistem dan implementasi sistem. Website ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam penginputan file pendukung SKPI. Selain itu, tenaga kependidikan juga mudah untuk mengawasi mahasiswa dalam pencapaian berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melengkapi SKPI di ITK. Hal ini, dapat mempermudah dan mempercepat kinerja baik dari segi mahasiswa maupun tenaga kependidikan di ITK. Hasil dari penelitian ini berupa website yang dapat menyimpan berkas-berkas sertifikat setiap mahasiswa untuk mengajukan SKPI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-NoDerivs 4.0 Generic(CC BY-ND 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.