SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM KOPI DI DESA SUKOREJO KABUPATEN BONDOWOSO
DOI:
https://doi.org/10.35718/pikat.v4i2.804Keywords:
Digital Marketing, Kopi, UMKM, Pelatihan, SosialisasiAbstract
Digital marketing saat ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang sedang banyak digunakan oleh para pelaku usaha untuk menyokong kegiatan pemasaran mereka. Desa Sukorejo, Kabupaten Bondowoso, UMKM berfokus kepada pengelolaan kopi karena Bondowoso merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di provinsi Jawa Timur. Para pelaku UMKM sudah mengenal pemasaran konvensional dan secara online, tetapi masih sangat terbatas dalam pengetahuan tentang pentingnya menerapkan pemasaran digital dan pembuatan konten pemasaran yang interaktif. Beberapa pelaku UMKM telah memiliki akun Instagram, tetapi cara mereka menggunakan Instagram masih sebatas mengunggah foto atau video, teknik copywriting belum diterapkan secara maksimal. Hal ini menyebabkan penjualan oleh UMKM belum maksimal. Sosialisasi dan pelatihan pemasaran digital menjadi solusi yang diberikan pada pengabdian ini. Materi yang diberikan kepada audience mencakup definisi dan manfaat pemasaran digital, contoh platform yang digunakan, jenis pemasaran digital, serta kelebihan dan kekurangannya. Output yang diinginkan adalah pemaksimalan produksi konten digital di berbagai platform oleh pelaku UMKM guna meluaskan produk penjualan. Kegiatan ini diharapkan mampu memaksimalkan penjualan melalui fungsi pemasaran digital.
