SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM KOPI DI DESA SUKOREJO KABUPATEN BONDOWOSO

Authors

  • Monica Karenina UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Najmi UPN Veteran Jawa Timur Surabaya
  • Dyah UPN Veteran Jawa Timur Surabaya
  • Wildan UPN Veteran Jawa Timur Surabaya
  • Jessica UPN Veteran Jawa Timur Surabaya
  • Ahimsa UPN Veteran Jawa Timur Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35718/pikat.v4i2.804

Keywords:

Digital Marketing, Kopi, UMKM, Pelatihan, Sosialisasi

Abstract

Digital marketing saat ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang sedang banyak digunakan oleh para pelaku usaha untuk menyokong kegiatan pemasaran mereka. Desa Sukorejo, Kabupaten Bondowoso, UMKM berfokus kepada pengelolaan kopi karena Bondowoso merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di provinsi Jawa Timur. Para pelaku UMKM sudah mengenal pemasaran konvensional dan secara online, tetapi masih sangat terbatas dalam pengetahuan tentang pentingnya menerapkan pemasaran digital dan pembuatan konten pemasaran yang interaktif. Beberapa pelaku UMKM telah memiliki akun Instagram, tetapi cara mereka menggunakan Instagram masih sebatas mengunggah foto atau video, teknik copywriting belum diterapkan secara maksimal. Hal ini menyebabkan penjualan oleh UMKM belum maksimal. Sosialisasi dan pelatihan pemasaran digital menjadi solusi yang diberikan pada pengabdian ini. Materi yang diberikan kepada audience mencakup definisi dan manfaat pemasaran digital, contoh platform yang digunakan, jenis pemasaran digital, serta kelebihan dan kekurangannya. Output yang diinginkan adalah pemaksimalan produksi konten digital di berbagai platform oleh pelaku UMKM guna meluaskan produk penjualan. Kegiatan ini diharapkan mampu memaksimalkan penjualan melalui fungsi pemasaran digital.

Author Biography

Monica Karenina, UPN "Veteran" Jawa Timur

Digital marketing saat ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang sedang banyak digunakan oleh para pelaku usaha untuk menyokong kegiatan pemasaran mereka. Desa Sukorejo, Kabupaten Bondowoso, UMKM berfokus kepada pengelolaan kopi karena Bondowoso merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di provinsi Jawa Timur. Para pelaku UMKM sudah mengenal pemasaran konvensional dan secara <em>online</em>, tetapi masih sangat terbatas dalam pengetahuan tentang pentingnya menerapkan pemasaran digital dan pembuatan konten pemasaran yang interaktif. Beberapa pelaku UMKM telah memiliki akun Instagram, tetapi cara mereka menggunakan Instagram masih sebatas mengunggah foto atau video, teknik <em>copywriting</em> belum diterapkan secara maksimal.  Hal ini menyebabkan penjualan oleh UMKM belum maksimal.  Sosialisasi dan pelatihan pemasaran digital menjadi solusi yang diberikan pada pengabdian ini. Materi yang diberikan kepada <em>audience</em> mencakup definisi dan manfaat pemasaran digital, contoh <em>platform</em> yang digunakan, jenis pemasaran digital, serta kelebihan dan kekurangannya. Output yang diinginkan adalah pemaksimalan produksi konten digital di berbagai <em>platform</em> oleh pelaku UMKM guna meluaskan produk penjualan. Kegiatan ini diharapkan mampu memaksimalkan penjualan melalui fungsi pemasaran digital.<br /><em>Digital marketing is one of the marketing strategies that is being widely used by businessman to support their marketing activities. Sukorejo Village, Bondowoso Regency, SMEs focuses on coffee management because Bondowoso is one of the largest coffee producing areas in East Java. SMEs actors are familiar with both conventional and online marketing, but are still very limited in knowledge about the importance of implementing digital marketing and creating interactive marketing content. Some already have Instagram accounts, but the way they use it is still limited to uploading photos or videos, copywriting techniques have not been implemented optimally. This causes sales by SMEs to not be maximized. Digital marketing socialization and training is the solution given in this service. The material provided to the audience includes the definitions and benefits of digital marketing, examples of platforms used, types of digital marketing, as well as their advantages and disadvantages. The desired output is maximizing digital content production on various platforms by SMEs actors to expand product sales. This activity is expected to be able to maximize sales through the digital marketing function.</em>

Downloads

Published

2023-12-31