PENINGKATAN PROMOSI KEBUN BERKAH MELALUI RANCANG BANGUN WEBSITE DAN SOSIAL MEDIA
DOI:
https://doi.org/10.35718/pikat.v3i1.677Keywords:
Kebun Berkah, Promosi, WebsiteAbstract
Kebun Berkah merupakan kebun yang berada di Gunung Steling Kelurahan Batu Ampar- Balikpapan Utara. Pemilik kebun memfokuskan bisnisnya pada budidaya buah dan sayur untuk mendukung pasokan di Balikpapan. Berdasarkan hasil wawancara dengan perwakilan kelurahan, Kebun Berkah memiliki potensi menjadi tujuan ekowisata baru. Akan tetapi, pemilik kebun saat ini memiliki kendala dalam modal usaha serta promosi. Banyak masyarakat Balikpapan yang belum mengenal Kebun Berkah sehingga penjualan hasil usaha dilakukan melalui jejaring pribadi serta warga sekitar. Peningkatan jejaring promosi Kebun Berkah diperlukan untuk mendukung penjualan serta menarik investor. Berdasarkan situasi tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan agar mampu mendukung peningkatan promosi Kebun Berkah. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Februari hingga Juni 2021 yang terdiri dari kegiatan perancangan website dan media sosial, pelatihan pengelolaan media sosial, dan sosialisasi kepada warga sekitar. Kegiatan perancangan website dan media sosial telah dilaksanakan dengan orientasi utama pada pembuatan profil dan branding Kebun Berkah. Kegiatan pelatihan dilaksanakan agar pengelola dapat mengoperasikan media promosi yang telah disusun. Media yang dibuat telah disosialisasikan kepada warga sekitar. Kegiatan ini mendapat respon dan apresiasi yang baik dari pengelola kebun maupun masyarakat sekitar. Media yang dirancang saat ini telah aktif digunakan oleh pengelola kebun untuk mempromosikan aktifitas maupun produknya.