PENGOLAHAN PRODUK MAKANAN RINGAN YANG MODERN MELALUI PELATIHAN UMKM PADA MASYARAKAT KELURAHAN KARANG JATI
DOI:
https://doi.org/10.35718/pikat.v3i1.676Keywords:
Branding, Covid-19, Ekonomi, Makanan Ringan, Usaha Mikro Kecil dan MenengahAbstract
Permasalahan ekonomi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan bagi kebanyakan masyarakat sejak pandemik Covid-19 terjadi. Warga RT 7 Kelurahan Karang Jati Kota Balikpapan pun mengalami permasalahan serupa, di mana usaha rumahan (UMKM) yang telah dijalankan juga mengalami pasang-surut. Dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan pemberdayaan terhadap usaha rumahan yang dimiliki oleh warga dengan sistem penjualan yang efektif guna mem-branding produk makanan lokal. Adapun kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui metode pelatihan dan pendampingan. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 bulan ini telah berhasil menggali potensi usaha dari warga. Melalui kegiatan ini warga telah mendapatkan wawasan terkait packaging yang baik, branding produk, serta teknik pemasaran online dan offline. Hasil dari kegiatan ini diperoleh sebuah brand produk “Tetangga Kilang” yang dapat digunakan oleh warga untuk menaungi produk makanan rumahan yang telah mereka miliki. Harapannya, Tetangga Kilang dapat membantu meningkatkan perekonomian warga RT 7 Kelurahan Karang Jati.