SOLUSI STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UPPKS MENGGUNAKAN METODE SOCIAL MEDIA MARKETING

Authors

  • Amalia Rizqi Utami Teknik Elektro, Jurusan Teknologi Industri dan Proses, Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan
  • Muhamad Rizki Zulfikar Sistem Informasi, Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan
  • Muhammad Verrell Ferly Rezha Sistem Informasi, Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan
  • Musfiroh Milli Alhayu Matematika, Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan
  • Noor Hikmah Wulandari Matematika, Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan
  • Dewi Ratna Sari Matematika, Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan
  • Anitaria Tendean Matematika, Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.35718/pikat.v2i2.389

Keywords:

KKN-T, UPPKS, Desain, UMKM, Media Sosial

Abstract

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) dengan judul “Solusi Strategis Dalam Meningkatkan Penjualan UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera)” telah dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan selama 6 minggu dimulai dari tanggal 6 Maret 2021 sampai dengan 11 April 2021 oleh mahasiswa kelompok 5 KKN-T ITK (Insitut Teknologi Kalimantan) didampingi dosen. UPPKS merupakan organisasi ataupun perkumpulan UMKM dengan tujuan membantu masyarakat dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Alasan memilih tema ini dikarenakan adanya permasalahan yang terjadi di UPPKS yaitu beberapa usaha mengalami kerugian bahkan menutup usahanya yang berakibat pengurangan jumlah karyawan, masalah modal, serta promosi produk yang masih kurang. Maka dari itu kelompok 5 KKN-T ITK memberikan solusi berupa pelatihan desain poster dan logo menggunakan aplikasi canva serta pembuatan akun facebook dan instagram untuk membranding produk UMKM di UPPKS. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan penjualan produk makanan dari UPPKS dan anggota UPPKS dapat membuat desain poster ataupun logo dari produk mereka. Hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan desain yaitu peserta yang berasal dari UPPKS mampu mengimplementasikan dan mempraktikkan untuk membuat akun media sosial facebook dan instagram serta membuat desain poster dan logo untuk branding produk makanan dari anggota UPPKS. Diharapkan dengan branding ini, produk yang dijual oleh anggota UPPKS dapat memiliki lebih banyak konsumen atau pembeli.

Downloads

Published

2021-12-30