SOLUSI STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UPPKS MENGGUNAKAN METODE SOCIAL MEDIA MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.35718/pikat.v2i2.389Keywords:
KKN-T, UPPKS, Desain, UMKM, Media SosialAbstract
Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) dengan judul “Solusi Strategis Dalam Meningkatkan Penjualan UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera)” telah dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan selama 6 minggu dimulai dari tanggal 6 Maret 2021 sampai dengan 11 April 2021 oleh mahasiswa kelompok 5 KKN-T ITK (Insitut Teknologi Kalimantan) didampingi dosen. UPPKS merupakan organisasi ataupun perkumpulan UMKM dengan tujuan membantu masyarakat dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Alasan memilih tema ini dikarenakan adanya permasalahan yang terjadi di UPPKS yaitu beberapa usaha mengalami kerugian bahkan menutup usahanya yang berakibat pengurangan jumlah karyawan, masalah modal, serta promosi produk yang masih kurang. Maka dari itu kelompok 5 KKN-T ITK memberikan solusi berupa pelatihan desain poster dan logo menggunakan aplikasi canva serta pembuatan akun facebook dan instagram untuk membranding produk UMKM di UPPKS. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan penjualan produk makanan dari UPPKS dan anggota UPPKS dapat membuat desain poster ataupun logo dari produk mereka. Hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan desain yaitu peserta yang berasal dari UPPKS mampu mengimplementasikan dan mempraktikkan untuk membuat akun media sosial facebook dan instagram serta membuat desain poster dan logo untuk branding produk makanan dari anggota UPPKS. Diharapkan dengan branding ini, produk yang dijual oleh anggota UPPKS dapat memiliki lebih banyak konsumen atau pembeli.