PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA DALAM MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI BALECATUR SLEMAN DIY
DOI:
https://doi.org/10.35718/pikat.v2i1.334Keywords:
Kebiasaan Baru, Media Sosial, UMKMAbstract
Pengabdian ini menunjukkan bahwa penggunaan sosial media dan online app lainnya pada saat ini merupakan hal yang baru bagi para UMKM yang bergerak menggunakan cara konvesional khususnya pada UMKM Balecatur Sleman DIY. Artikel pengabdian ini berfokus kepada pemberdayaan mitra UMKM menggunakan sosial dalam mengahadapi adaptasi kebiasaan baru di Balecatur. Karena itu, artikel pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendukung dengan metode kualitatif untuk mendukung tentang pengabdian ini seperti jurnal, berita, buku, dan dokumen-dokumen legal lainnya untuk menjadi referensi. Dengan demikian artikel pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan dan menerapan digital marketing melalui sosial media dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru bagi UMKM yang berada di Balecatur Gamping DIY, mengingat kondisi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia membuat sebagian besara para UMKM gulung tikar.