PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI LITERASI DIGITAL KELURAHAN GRAHA INDAH, KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Menasita M
  • Fadli Robiandi Institut Teknologi Kalimantan
  • Agus Rifani Institut Teknologi Kalimantan
  • Rahmatia Khumaera Institut Teknologi Kalimantan
  • Erika Agustina Institut Teknologi Kalimantan
  • Brian Yoga Pratama Institut Teknologi Kalimantan
  • Fachri Admaja Institut Teknologi Kalimantan
  • Gozales Gozales Institut Teknologi Kalimantan
  • Muhammad Choirul Yani

Keywords:

Anak-anak, Literasi digital, Pojok Baca, Remaja

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di lokasi Graha Indah, Balikpapan, Kalimantan Timur dengan sasaran mitra anak-anak dan remaja. Permasalahan yang ada pada mitra adalah kurangnya literasi di era digital pada anak-anak dan remaja. Teknologi dan internet membuat anak-anak dan remaja menggunakan secara bebas tanpa mengetahui keamanan menggunakan intrnet dan efek dari penyebaran berita yang tidak benar serta seringnya para remaja menulis komentar tanpa mengetahui resiko dibalik komentar tersebut. Dari permasalah tersebut maka perlu adanya literasi digital pada anak-anak agar dapat menggunakan teknologi dengan aman dan bertanggungjawab. Selain itu, pembuatan pojok membaca bagi anak-anak dan mading agar mereka dapat lebih berkomunikasi secara verbal dan lebih dapat berekspresi. Tidak hanya anak-anak dan remaja yang mengikuti kegiatan ini tetapi para orang tua juga antusias dan ikut berpartisipasi. Tidak hanya berpartisipasi, warga juga berinisiatif untuk membuka donor buku sebagai bagian dari keberlanjutan pojok membaca dan menggunakan mading sebagai sarana komunikasi warga, sehingga warga yang tidak memiliki ponsel dapat mengetahui kegiatan yang diadakan di daerah Graha Indah. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat di daerah Graha Indah berjalan dengan sukses

Downloads

Published

2025-01-06