Peran Iklan Video Konten Reels Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness Produk UMKM TUKUTACO.ID

Authors

  • Mai Maimunah Nur Nazahah Institut Teknologi Kalimantan
  • Arif Wicaksono Septyanto Institut Teknologi Kalimantan
  • Ajianto Panji Institut Teknologi Kalimantan
  • Romesal Pali Institut Teknologi Kalimantan
  • Dicky Setiawan Institut Teknologi Kalimantan
  • Gilang Rahmattillah Ramadhan Institut Teknologi Kalimantan

Keywords:

Reels Instagram, Kesadaran Merk, Camilan, Audiens Target, Media Sosial, Konten Promosi, Pemasaran Digital, Iklan Instagram, Paparan merk, Waktu retensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis sejauh mana iklan video konten Reels Instagram dapat mendukung peningkatan brand awareness TUKUTACO.ID. Metode pelaksanaan meliputi analisis target audience, pemilihan platform media sosial, pembuatan konten, penjadwalan posting, dan analisis hasil kinerja. Dalam kurun waktu 24 jam setelah promosi dilakukan, akun Instagram mencapai jangkauan sebanyak 6.190 akun, dengan 133 kunjungan profil dari akun pribadi dan TUKUTACO.ID. Hasil Retention Time menunjukkan bahwa video konten diputar total 8.914 kali, dengan 7.033 pemutaran dari awal hingga selesai dan 1.881 pemutaran ulang. Meskipun pemasaran digital berhasil mencapai 8.914 kali pemutaran, interaksi konten masih terbilang rendah, mencakup 73 like, 4 penyimpanan konten, 2 komentar, dan 0 pembagian konten. Meskipun demikian, data pemutaran yang tinggi menunjukkan efektivitas dalam mencapai audiens, sementara hasil interaksi yang perlu diperhatikan menunjukkan potensi perbaikan dalam strategi interaksi konten.

 

Kata kunci: Reels Instagram, Kesadaran Merk, Camilan, Audiens Target, Media Sosial, Konten Promosi, Pemasaran Digital, Iklan Instagram, Paparan merk, Waktu retensi

Downloads

Published

2025-01-06