PELATIHAN SCRATCH CODING FOR KIDS DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN DIGITAL DAN STORYTELLING DI SDN 017 BALIKPAPAN

Authors

  • Muchammad Chandra Cahyo Utomo Informatika /JMTI, Institut Teknologi Kalimantan
  • Muhammad Gilvy Langgawan Putra Sistem Informasi /JMTI, Institut Teknologi Kalimantan
  • Gusti Ahmad Fanshuri Alfarisy Informatika /JMTI, Institut Teknologi Kalimantan

Keywords:

Scratch, Aplikasi, Pemrograman, Permainan, Storytelling

Abstract

Pembelajaran Koding untuk anak sekolah dasar sudah seperti hal yang biasa di negara maju, berbeda halnya dinegara berkembang, di Indonesia anak-anak sekolah dasar masih belum begitu mengenal bagaimana teknologi yang biasanya mereka gunakan bias bekerja. Maka dari itu dalam pelaksanaan ini yang akan dilaksanakan di SDN 017 Balikpapan yaitu pelatihan koding dasar untuk anak sekolah dasar melalui pendekatan permainan digital dan storytelling. Sehingga nantinya mereka akan tertarik mempelajari STEM khususnya di bidang teknologi informasi, selain itu juga dengan diadakannya pelatihan ini memberikan dampak besar bagi sekolah tersebut atas keberadaan Institut Teknologi Kalimantan, yang sebelumnya belum pernah terjamah oleh ITK. Diharapkan dengan terlaksananya pengabdian ini akan menghasilkan anak-anak yang luar biasa dibidang teknologi informasi dan tertarik untuk menjalin kerja sama bersama ITK. Pengabdian Masyarakat ini menghasilkan peningkatan pengetahuan sebesar 30%.

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Muchammad Chandra Cahyo Utomo, Muhammad Gilvy Langgawan Putra, & Gusti Ahmad Fanshuri Alfarisy. (2021). PELATIHAN SCRATCH CODING FOR KIDS DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN DIGITAL DAN STORYTELLING DI SDN 017 BALIKPAPAN . Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 1(1). Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/567

Issue

Section

Articles