PENGEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DALAM SEKTOR PEMASARAN PRODUK DI KELURAHAN BATU AMPAR

Authors

  • Albar Zuda Al-Zubier Institut Teknologi Kalimantan
  • Firilia Filiana Institut Teknologi Kalimantan,
  • Mifta Nur Farid Institut Teknologi Kalimantan

Keywords:

Balikpapan, e-commerce, Pelatihan, UMKM

Abstract

Kelurahan Batu Ampar menjadi salah satu kelurahan di Balikpapan yang memiliki banyak UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang menjadi salah satu mata pencarian utama masyarakat. Walaupun begitu, kurangnya upaya untuk pemasaran produk atau jasa pada calon konsumen dengan tujuan untuk menarik dan menaikkan jumlah pembeli secara online masih menjadi kendala saat ini. Kondisi pandemi memang memaksa berbagai sektor kehidupan masyarakat untuk terus berinovasi. Hal ini yang menjadi dasar dilakukannya pelatihan kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengembangkan UMKM di Kelurahan Batu Ampar. Pelatihan ini diharapkan dapat memberi solusi serta memotivasi para pelaku UMKM dalam memperluas pemasaran dan meningkatkan omset penjualan yang dapat meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat. Pelaku UMKM di Kelurahan Batu Ampar mayoritas adalah produksi rumahan danperseorangan. Hal ini diketahui melalui survei pendahuluan yang telah dilakukan. Setelah itu ditetapkan bahwa pelatihan akan berfokus pada penggunaan media sosial dan e-commerce. Selain itu, dibuatlah sebuah web yang dapat menjadi sumber informasi mengenai UMKM di Batu Ampar

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Albar Zuda Al-Zubier, Firilia Filiana, & Mifta Nur Farid. (2021). PENGEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DALAM SEKTOR PEMASARAN PRODUK DI KELURAHAN BATU AMPAR. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 2(1). Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/536

Issue

Section

Articles