SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN BRANDING PRODUK PADA UMKM FOOD STREET PRAPATAN KELURAHAN TELAGA SARI BALIKPAPAN

Authors

  • Fadli Robiandi Institut Teknologi Kalimantan
  • Febrian Dedi Saatrawan Institut Teknologi Kalimantan
  • Dian Mart Shoodiqin Institut Teknologi Kalimantan

Keywords:

branding, media sosial, pemasaran, sosialisasi, UMKM

Abstract

Pengetahuan pedagang strategi marketing (pemasaran) sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan produk. Optimalisasi media sosial dan branding produk yang menarik dapat memperluas promosi serta menarik perhatian masyarakat luas untuk membeli produk. Hal ini merupakan salah satu poin penting untuk memajukan suatu UMKM (usaha mikro kecil menengah) khususnya UMKM yang bergerak di bidang food street. Oleh sebab itu, diperlukan sosialisasi mengenai strategi pemasaran terkait pemafaatan media sosial sebagai media pemasaran dan branding produk khususnya design logo untuk produk. Produk yang dihasilkan oleh sebagian UMKM Food Street di kawasan jalan Prapatan Kelurahan Telaga Sari Balikapapan masih terkesan belum dikenal oleh masyarakat secara luas khusus wilayah Balikpapan. Citra merek, simbol/logo dan desain suatu produk dapat dikenal luas dengan adanya branding. Oleh sebab itu, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berisi kegiatan pemberian wawasan mengenai strategi pemasaran produk melalui media sosial kepada pemilik UMKM di kawasan Jalan Prapatan Kelurahan Telaga Sari Balikpapan dan branding dengan desain logo untuk produk yang dapat digunakan dalam kemasan maupun promosi di media sosial. Berdasarkan hasil tes pada kegiatan sosialisasi, para peserta kegiatan dapat memahami pentingnya strategi pemasaran via sosial media. Selain itu, salah satu karya yang dihasilkan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah desain logo. desain logo diberikan kepada salah satu pemilik UMKM di kawasan tersebut.

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Fadli Robiandi, Febrian Dedi Saatrawan, & Dian Mart Shoodiqin. (2021). SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN BRANDING PRODUK PADA UMKM FOOD STREET PRAPATAN KELURAHAN TELAGA SARI BALIKPAPAN. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 2(1). Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/521

Issue

Section

Articles