ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA TIM DI PT. MEDIA KREASI ABADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIPLE OBJECTIVE
DOI:
https://doi.org/10.35718/jinseng.v1i1.776Kata Kunci:
Multiple Objective, Keputusan, Penilaian KinerjaAbstrak
PT.Media Kreasi Abadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan IT (information & technology), telekomunikasi, general suplier, pengembangan software aplikasi dan game. Dalam kehidupan sehari hari terkadang manusia dihadapkan dalam suatu keadaan yang mengharuskan untuk mengambil sebuah keputusan, baik itu keputusan yang bersifat pribadi ataupun keputusan yang diambil dalam suatu instansi. Saat ini banyak sekali pengembangan sebuah sistem untuk membantu manusia dalam mengambil sebuah keputusan terbaik yang disebut sistem pendukung keputusan (SPK). Sumber daya manusia merupakan komponen penting sebagai penggerak suatu instansi. Kualitas sumber daya manusia sebuah instansi merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kinerja sebuah instansi, sehingga diperlukan adanya penilaian kinerja untuk meningkatkan kinerja dari instansi. Tujuan penelitian ini adalah menentukan tim mana yang memiliki kinerja dan pencapaian terbaik di bulan Mei dari beberapa tim yang ada di PT. Media Kreasi Abadi. Adapun tim yang di analisis pada penelitian ini yaitu tim A (Soetomo), Tim B (Hasyim Ashari), dan Tim O (Pangeran Diponegoro). Dari penelitian diperoleh kriteria yang digunakan dalam menentukan penilaian kinerja tim di PT. Media Kreasi Abadi yaitu Kontribusi, Kerjasama tim, dan Sikap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multiple Objective (Cumulative Probabilities). Hasil penelitian menunjukkan bahwa solusi yang terefektif dari analisis keputusan penilaian kinerja tim A, tim B dan Tim O yang memiliki kualitas dan pencapaian terbaik di bulan Mei berdasarkan kriteria yang telah ditentukan di PT. Media Kreasi Abadi yaitu terdapat pada tim O (Pangeran Diponegoro).
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-02-03 (2)
- 2023-01-31 (1)