PENETUAN SISTEM LAYANAN KESEHATAN KLINIK XYZ MENGGUNAKAN SIMULASI ARENA

Authors

  • Aska Nadila Septyani Institut Teknologi Kalimantan
  • Mifthahul Janna Rosyid Institut Teknologi Kalimantan
  • Yuniar Maharani Institut Teknologi Kalimantan
  • Yasmine Wahyuayunda Institut Teknologi Kalimantan
  • Christopher Davito Prabandewa Hertadi Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.35718/jinseng.v1i2.1028

Keywords:

Pelayanan Kesehatan, Antrian, Teori Antrian

Abstract

Kualitas layanan kesehatan penting untuk ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan adalah dengan memberikan pelayanan yang sesuai dengan kode etik medis. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis terkait pelayanan kesehatan yang berlokasi di Klinik XYZ, Kalimantan Timur dengan jenis pelayanan yang difokuskan yaitu poli umum. Pelayanan ini dianalisis dengan menggunakan ilmu simulasi teori antrian pada bidang ilmu optimasi. Berdasarkan kondisi aktual pada klinik ini, antrian pasien pada klinik ini terjadi penumpukan terbesar pada aktivitas pelayanan dokter, sehingga pasien memerlukan waktu lebih lama untuk mendapatkan pelayanan yaitu dengan total time 2.21 jam atau pada total waiting time sebesar 1.86 jam yang memiliki dampak membuat keterlambatan dalam pemberian pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan antrian pada Klinik XYZ dan memberikan rekomendasi untuk antrian yang optimal yang didapatkan dari hasil pengolahan data dengan menggunakan software Arena. Berdasarkan hasil, didapatkan dua rekomendasi dengan pertimbangan berupa efisiensi antrian, total waktu tunggu pasien, dan utilitas yang paling efisien. Rekomendasi kedua merupakan rekomendasi terbaik dari dua pilihan skenario rekomendasi. Rekomendasi kedua yang dipilih yaitu dengan membagi stage pelayanan dokter menjadi dua server dan stage pelayanan apotek menjadi tiga server. Hasil dari simulasi pada rekomendasi menunjukkan bahwa klinik dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu tunggu pasien, dan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas mereka dengan rekomendasi ini. Dengan menerapkan rekomendasi kedua, pihak klinik dapat meningkatkan pelayanan mereka kepada pasien dan mencapai tujuan mereka dalam mengelola antrian dengan lebih baik.

References

Adawiyah, P.R., 2018. Inovasi Dalam Pelayanan Publik Di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi. POLITICO, 18(2), pp. 264-275. Available at: https://doi.org/10.32528/politico.v18i2.1659

Andini, R. and Astuti, Y.P., 2021. Penerapan Teori Antrian Bongkar Muat pada Docking Kapal Tanker. MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika, 9(2),pp.437-446.

Haqi, B. and Sinaga, J., 2017. System Antrian Pelayanan Pasien Pada Klinik Al Fauzan Dengan Java Netbean Dan Database Mysql. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), pp.1-2.

Mahfudhoh, M. and Muslimin, I., 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Cilegon. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), pp.39-46. Available at: https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i1.310

Marande, Y., 2020. Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, 8(1), pp.33-39.

Oktarino, A., 2017. Perancangan Dan Implementasi Rekam Medis Pasien Poli Umum Di Rumah Sakit Rimbo Medica Menggunakan Php Dan Mysql. Scientia Journal, 4(4). pp.317-322.

Oktowaty, S., Setiawati, E.P. and Arisanti, N., 2018. Hubungan Fungsi Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Penyakit Kronis Degeneratif Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jurnal Sistem Kesehatan, 4(1), pp.1-6. Available at: https://doi.org/10.24198/jsk.v4i1.19180

Pardede, A.M.H., 2018. Simulasi Antrian Pelayanan Nasabah Bank Menggunakan Metode Hyperexponential. Journal Information System Development (ISD), 3(1), pp.33-43.

Perdana, P.W., 2021. RANCANG BANGUN APLIKASI ANTRIAN SECARA REALTIME DI KLINIK KECANTIKAN BERBASIS WEBSITE MENGGINAKAN FRAMEWORK LARAVEL. Jurnal Manajemen Informatika, 4(1), pp.88-100.

Permatasari, A., 2020. Pelaksanaan Pelayanan Publik yang Berkualitas. DECISION: Jurnal Administrasi Publik, 2(1), pp.51-56. Available at: https://doi.org/10.23969/decision.v2i1.2382

Priadana, M.S. and Sunarsi, D., 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Raksanagara, A., 2015. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sebagai Determinan Kesehatan Yang Penting Pada Tatanan Rumah Tangga Di Kota Bandung. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(1), pp.30-34. Available at: https://doi.org/10.24198/jsk.v1i1.10340

Salim, D.L.F., 2020. Aksesibilitas Pembiayaan Kesehatan Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional. Lex Et Societatis, 8(4), pp.104-114. Available at: https://doi.org/10.35796/les.v8i4.30915

Sulaksmi, A., Garside, A.K. and Hadziqah, F., 2014. Penjadwalan Produksi Dengan Algoritma Heuristik Pour (Studi Kasus: Konveksi One Way–Malang). Jurnal Teknik Industri, 15(1), pp.35-44. Available at: https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol15.No1.35-44

Yuliana, D. and Santony, J., 2019. Model Antrian Multi Channel Single Phase Berdasarkan Pola Kedatangan Pasien untuk Pengambilan Obat di Apotik. Jurnal Informasi dan Teknologi, pp.7-11. Available at: https://doi.org/10.37034/jidt.v1i4.12

Published

12/28/2023

How to Cite

Septyani, A. N., Rosyid, M. J., Maharani, Y., Wahyuayunda, Y., & Hertadi, C. D. P. (2023). PENETUAN SISTEM LAYANAN KESEHATAN KLINIK XYZ MENGGUNAKAN SIMULASI ARENA. Journal of Industrial Innovation and Safety Engineering, 1(2), 101–111. https://doi.org/10.35718/jinseng.v1i2.1028