REBRANDING DAN PEMASARAN DIGITAL PRODUKSI OLAHAN RUMPUT LAUT POKLAHSAR SWAKARYA BERSAMA KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
Keywords:
branding, jangkauan pasar, pelatihan, pemasaran digitalAbstract
Peluasan pasar bagi UMKM merupakan hal yang sangat kruisal untuk meningkatkan penjualan produk. Kesulitan UMKM selama ini adalah melakukan penjualan yang massif dan berorientasi pada profit yang besar sebab banyak UMKM yang berfokus pada produk oleh-oleh daerah. Berdasarkan dari investugasi awal dengan Poklahsar Swakarya Bersama sebagai UMKM yang memproduksi olahan berbahan baku hasil perikanan (rumput laut) maka diperlukan adanya pelatihan mengenai branding dan pemasaran digital. Branding dilakukan untuk menyegarkan tampilan produk seperti pembaruan logo dan kemasan. Untuk pemasaran digital dilakukan untuk menambahkan pengetahuan kepada anggota Poklahsar Swakarya Bersama akan pentingnya pemasaran digital. Kegiatan dilakukan dengan program pelatihan tentangĀ branding dan pemasaran digital. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahanan mitra akan pentingnya branding dan digital marketing serta mengetahui bagaimana strategi yang mudah bagi pelaku UMKM untuk menigkatkan penjualan melalui pemasaran digital dan branding. Hasil kegiatan berupa data tentang pemahaman mitra yang dilaksanakan dengan metode pre test dan post test. Berdasarkan hasil data yang diperoleh seluruh anggota Poklahsar Swakarya Bersama memilih WhatsApp Business sebagai media pemasaran digital karena dalam praktiknya lebih mudah untuk pengelolaan.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan ini penulis naskah menyatakan bahwa naskah yang dikirimkan adalah hasil karya penulis sendiri, kecuali yang dikutip.