REBRANDING DAN PEMASARAN DIGITAL PRODUKSI OLAHAN RUMPUT LAUT POKLAHSAR SWAKARYA BERSAMA KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

Authors

  • Diniar Mungil Kurniawati Institut Teknologi Kalimantan
  • Menasita Mayantasari Institut Teknologi Kalimantan
  • Riki Herliansyah Institut Teknologi Kalimantan
  • Faisal Manta Institut Teknologi Kalimantan
  • Donny Prasunyar Institut Teknologi Kalimantan
  • Riola Montissa Institut Teknologi Kalimantan
  • Fakhri Risqu Kamarullah Institut Teknologi Kalimantan
  • Ahmad Yaser Sitompul Institut Teknologi Kalimantan
  • Muhammad Idris Al-Hakim Institut Teknologi Kalimantan
  • Achmad Farizul Hasmi Institut Teknologi Kalimantan
  • Fauzan Adzimi Institut Teknologi Kalimantan
  • Rifky Riansyah Institut Teknologi Kalimantan
  • Rizky Saputra Institut Teknologi Kalimantan
  • Anatalia Yosevin Simanjutak Institut Teknologi Kalimantan

Keywords:

branding, jangkauan pasar, pelatihan, pemasaran digital

Abstract

Peluasan pasar bagi UMKM merupakan hal yang sangat kruisal untuk meningkatkan penjualan produk. Kesulitan UMKM selama ini adalah melakukan penjualan yang massif dan berorientasi pada profit yang besar sebab banyak UMKM yang berfokus pada produk oleh-oleh daerah. Berdasarkan dari investugasi awal dengan Poklahsar Swakarya Bersama sebagai UMKM yang memproduksi olahan berbahan baku hasil perikanan (rumput laut) maka diperlukan adanya pelatihan mengenai branding dan pemasaran digital. Branding dilakukan untuk menyegarkan tampilan produk seperti pembaruan logo dan kemasan. Untuk pemasaran digital dilakukan untuk menambahkan pengetahuan kepada anggota Poklahsar Swakarya Bersama akan pentingnya pemasaran digital. Kegiatan dilakukan dengan program pelatihan tentangĀ  branding dan pemasaran digital. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahanan mitra akan pentingnya branding dan digital marketing serta mengetahui bagaimana strategi yang mudah bagi pelaku UMKM untuk menigkatkan penjualan melalui pemasaran digital dan branding. Hasil kegiatan berupa data tentang pemahaman mitra yang dilaksanakan dengan metode pre test dan post test. Berdasarkan hasil data yang diperoleh seluruh anggota Poklahsar Swakarya Bersama memilih WhatsApp Business sebagai media pemasaran digital karena dalam praktiknya lebih mudah untuk pengelolaan.

Additional Files

Published

2024-07-18

How to Cite

Kurniawati, D. M., Mayantasari, M., Herliansyah, R., Manta, F., Prasunyar, D., Montissa, R., Kamarullah, F. R., Sitompul, A. Y., Al-Hakim, M. I., Hasmi, A. F., Adzimi, F., Riansyah, R., Saputra, R., & Simanjutak, A. Y. (2024). REBRANDING DAN PEMASARAN DIGITAL PRODUKSI OLAHAN RUMPUT LAUT POKLAHSAR SWAKARYA BERSAMA KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 3. Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/986

Issue

Section

Articles