PENGAPLIKASIAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA UNTUK MENGEMBANGKAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DI SMPN 15 BALIKPAPAN

Authors

  • Nashrul Millah Institut Teknologi Kalimantan
  • Indira Anggriani Institut Teknologi Kalimantan
  • Irma Fitria Institut Teknologi Kalimantan

Keywords:

HOTS (Higher Order Thinking Skills), matematika, praktikum

Abstract

Matematika merupakan cabang ilmu yang mempelajari operasi hitung, struktur, ruang, dan perubahan. Penerapannya yang sangat luas dalam kehidupan sehari-hari menjadikan mata pelajaran ini sebagai materi wajib bagi siswa di semua jenjang pendidikan. Namun demikian, masih banyak siswa yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Salah satu penyebabnya adalah metode pengajaran yang kurang bervariasi dan cenderung monoton. Untuk itu diperlukan metode kreatif yang dapat membangkitkan antusiasme siswa dalam mempelajari matematika. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode HOTS (Higher Order Thinking Skills). Pada pengabdian masyarakat ini, kegiatan dimulai dengan persiapan tim pelaksana yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini meliputi studi literatur untuk mengetahui materi-materi matematika yang sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan berikutnya adalah membuat modul praktikum dan alat peraga untuk pengaplikasian matematika melalui alat peraga menarik untuk mengembangkan HOTS. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep yang diajarkan. Selain itu, melalui kuesioner didapatkan hasil bahwa siswa memiliki minat yang tinggi terhadap penerapan metode HOTS dalam pembelajaran matematika.

 

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Nashrul Millah, Indira Anggriani, & Irma Fitria. (2021). PENGAPLIKASIAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA UNTUK MENGEMBANGKAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DI SMPN 15 BALIKPAPAN. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 1(1). Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/611

Issue

Section

Articles