PELATIHAN STORYTELLING DI SMAN 9 SAMARINDA (MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI STORYTELLING)

Authors

  • Sektalonir Oscarini Wati Bhakti Politeknik Negeri Samarinda
  • Marwanto Politeknik Negeri Samarinda

Keywords:

Pelatihan, Lingkungan, Storytelling

Abstract

Storytelling merupakan sebuah seni kuno dalam menyebarkan sebuah pesan, kebenaran, informasi, ilmu pengetahuan dan juga kebajikan dengan cara yang menarik yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman, penghormatan dan penghargaan terhadap suatu budaya lain yang berbeda. Melestarikan lingkungan hidup adalah salah satu budaya yang harus tetap digaungkan kepada masyarakat luas. Hal ini dapat dilakukan dengan melalui storytelling (bercerita). Bercerita yang baik dan benar akan dapat memberikan kesan yang mendalam bagi pendengarnya. SMA Negeri 9 adalah salah satu sekolah di Samarinda yang menerapkan sekolah hijau di mana seluruh anggota sekolah berpartisipasi dalam menjaga kelestarian sekolah. Hal ini terbukti dengan banyaknya penghargaan yang diterima. Salah satunya adalah sebagai sekolah sehat. Namun sayangnya, para siswanya jarang yang mengikuti kegiatan-kegiatan lomba dalam berbahasa inggris, terutama lomba storytelling. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Politenknik Negeri Samarinda melakukan pelatihan Storytelling kepada anggota English Club SMA Negeri 9 agar cerita2 tentang pelestarian lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya dapat tersampaikan dengan baik dan benar. Selain itu juga agar pelatihan ini dapat memotivasi para siswa untuk berpartisipasi mengikuti perlombaan storytelling yang diadakan.

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Bhakti, S. O. W., & Marwanto. (2021). PELATIHAN STORYTELLING DI SMAN 9 SAMARINDA (MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI STORYTELLING). Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 1(1). Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/587

Issue

Section

Articles