PENGENALAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MEDIA FILM ANAK INDONESIA (LITERATURE CIRCLE FOR KIDS)

Authors

  • Healthy Susantiningdyah Institut Teknologi Kalimantan
  • Alfi Suci Dirgantari Institut Teknologi Kalimantan
  • Hilga Clararisa Institut Teknologi Kalimantan

Keywords:

Berpikir kritis, Film, Sastra Anak

Abstract

Keterampilan berpikir kritis perlu diperkenalkan sejak dini khususnya di tingkat pendidikan  dasar untuk mendukung dan mencapai pendidikan yang merdeka. Pada kegiatan pengabdian  kepada masyarakat kali ini pengenalan keterampilan berpikir kritis pada anak-anak  pendidikan dasar dilakukan melalui kegiatan menonton film anak Indonesia. Kegiatan ini meliputi bercerita, berdiskusi, memperagakan, roleplay, menulis, menggambar yang akan diintegrasikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di  sekolah. Peserta dalam kegiatan ini meliputi siswa sekolah dasar kelas 4. Pada akhir kegiatan salah satu luaran yang diharapkan adalah siswa tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan verbal tetapi juga mampu menggunakan tata bahasa untuk melakukan refleksi, evaluasi dan memberikan timbal balik positif terhadap teman sebaya. Selain itu, luaran yang lain adalah modul ajar yang dapat digunakan oleh guru kelas sekolah dasar sebagai bahan referensi dalam mengembangkan teknik pembelajaran di kelas yang mengolaborasikan keterampilan berpikir kritis dengan mata pelajaran yang diampu.

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Healthy Susantiningdyah, Alfi Suci Dirgantari, & Hilga Clararisa. (2021). PENGENALAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MEDIA FILM ANAK INDONESIA (LITERATURE CIRCLE FOR KIDS). Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 2(1). Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/549

Issue

Section

Articles