PENGENALAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MEDIA FILM ANAK INDONESIA (LITERATURE CIRCLE FOR KIDS)
Keywords:
Berpikir kritis, Film, Sastra AnakAbstract
Keterampilan berpikir kritis perlu diperkenalkan sejak dini khususnya di tingkat pendidikan dasar untuk mendukung dan mencapai pendidikan yang merdeka. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini pengenalan keterampilan berpikir kritis pada anak-anak pendidikan dasar dilakukan melalui kegiatan menonton film anak Indonesia. Kegiatan ini meliputi bercerita, berdiskusi, memperagakan, roleplay, menulis, menggambar yang akan diintegrasikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Peserta dalam kegiatan ini meliputi siswa sekolah dasar kelas 4. Pada akhir kegiatan salah satu luaran yang diharapkan adalah siswa tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan verbal tetapi juga mampu menggunakan tata bahasa untuk melakukan refleksi, evaluasi dan memberikan timbal balik positif terhadap teman sebaya. Selain itu, luaran yang lain adalah modul ajar yang dapat digunakan oleh guru kelas sekolah dasar sebagai bahan referensi dalam mengembangkan teknik pembelajaran di kelas yang mengolaborasikan keterampilan berpikir kritis dengan mata pelajaran yang diampu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan ini penulis naskah menyatakan bahwa naskah yang dikirimkan adalah hasil karya penulis sendiri, kecuali yang dikutip.