PELATIHAN DIGITALPRENEUR MENUJU MANDIRI EKONOMI DI KARANG TARUNA MUDA MANDIRI DESA MASDA MAKMUR

Authors

  • Ratri Isharyadi Universitas Pasir Pengaraian
  • Riska Novia Sari Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Digitalpreneur, Mandiri Ekonomi, Karang Taruna

Abstract

Kemandirian ekonomi Karang Taruna saat ini adalah suatu keharusan. Hal ini sesuai dengan tujuan Karang Taruna berdasarkan Permensos 25 Tahun 2019 yaitu mengembangkan jiwa dan semangat kewirausahaan sosial generasi muda menuju kemandirian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial. Sehingga keberadaan Karang Taruna seharusnya dapat menjadi garda terdepan dalam pembangunan desa. Kemandirian ekonomi di karang taruna muda mandiri, Desa Masda Makmur saat ini masih belum tercipta. Kompetensi yang menunjang kemandirian ekonomi masih kurang, meskipun sebenarnya memiliki potensi. Sehingga kebutuhan pendanaan untuk kegiatan karang taruna saat ini masih membutuhkan bantuan dari warga.  Adapun solusi yang ditawarkan berdasarkan permasalahan yang ditemukan yaitu pelaksanaan transfer IPTEKS konsep digitalpreneur desain grafis. Anggota karang taruna muda mandiri diberi pelatihan bagaimana menciptakan produk desain grafis. Pelatihan dimulai dengan bagaimana cara membuat produk desain dengan berupa produk desain undangan pernikahan cetak, kartu ucapan, dan undangan pernikahan digital. Adapun Kegiatan pelatihan digitalpeneur desain grafis yang dilakukan berbasis Project. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yaitu tatap muka sebanyak 4 kali pertemuan dan diikuti oleh 10 orang peserta. Setelah mengikuti pelatihan dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan mampu mendesain undangan pernikahan menggunakan software Adobe photoshop.

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Isharyadi, R. ., & Riska Novia Sari. (2021). PELATIHAN DIGITALPRENEUR MENUJU MANDIRI EKONOMI DI KARANG TARUNA MUDA MANDIRI DESA MASDA MAKMUR. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 2(1). Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/543

Issue

Section

Articles