PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI OLAHAN BUAH SALAK LOKAL DI KARANG JOANG BALIKPAPAN

Authors

  • Umar Mustofa Institut Teknologi Kalimantan
  • Muhammad Imron Zamzani Institut Teknologi Kalimantan
  • Intan Wahyu Nur Rachma Institut Teknologi Kalimantan
  • Hendrik Suprayetno Institut Teknologi Kalimantan
  • Muhammad Alfiannur Al Institut Teknologi Kalimantan
  • Syamsia Wati Institut Teknologi Kalimantan
  • Andri Hanata Institut Teknologi Kalimantan
  • Bona Matanari Institut Teknologi Kalimantan
  • M. Rizqi Nugraha Institut Teknologi Kalimantan
  • Mochammad Fahmi Institut Teknologi Kalimantan

Keywords:

Media Promosi, Produk, Teknologi Informasi

Abstract

Pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dalam memasarkan produk bisnis dapat memberikan dampak yang besar bagi pelaku bisnis dalam memasarkan produknya. Penggunaan teknologi informasi sebagai media promosi dapat menjadi salah satu usaha bagi pelaku bisnis agar dapat meningkatkan pangsa pasar secara luas. Permasalahan yang ditemui pada usaha olahan buah salak adalah kesulitan dalam memasarkan produk olahan buah salak. Berdasarkan permasalahan yang ada, diperoleh solusi berupa pemanfaatan teknologi informasi sebagai media promosi produk olahan buah salak. Metode yang digunakan dalam usaha peningkatan pemasaran produk yang ada yakni dengan memberikan edukasi serta pelatihan terkait kegunaan dari media sosial seperti Instagram serta media website. Hasil yang diperoleh pada saat melakukan pelatihan menyatakan bahwasannya dari pelaku bisnis belum menyadari akan manfaat yang diberikan media sosial dalam membantu pemasaran produk. Setelah menerapkan teknologi informasi berupa Instagram dan Website, pelaku bisnis belum merasakan dampak dari penggunaan media sosial Instagram serta media website dikarenakan akun media sosial Instagram masih baru dan belum banyak diakses oleh masyarakat umum sebagai calon konsumen. Harapannya dengan adanya alternatif solusi yang telah diberikan maka dapat memberikan kemudahan dalam penerapan media sosial sebagai platform promosi yang efisien dan dapat menjangkau lebih banyak konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan produk baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Umar Mustofa, Muhammad Imron Zamzani, Intan Wahyu Nur Rachma, Hendrik Suprayetno, Muhammad Alfiannur Al, Syamsia Wati, Andri Hanata, Bona Matanari, M. Rizqi Nugraha, & Mochammad Fahmi. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI OLAHAN BUAH SALAK LOKAL DI KARANG JOANG BALIKPAPAN. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 2(1). Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/540

Issue

Section

Articles