GAME EDUKASI BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT SEBAGAI JAWABAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Keywords:
Contextual Teaching and Learning, Game Edukasi, Microsoft PowerpointAbstract
Desa Patempuran, merupakan satu dari sekian banyak desa yang merasakan dampak pandemi pada sektor pendidikan. Sekolah-sekolah terpaksa tutup dan melakukan pembelajaran secara daring, ataupun luring dengan jumlah kerumunan terbatas dan dibawah protokol kesehatan yang ketat. Berjalan selama 1 tahun, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) telah menurunkan minat belajar siswa, khususnya pada siswa sekolah dasar. Metode pembelajaran yang digunakan terlalu monoton dan menitik beratkan pada tugas-tugas saja. Menurunnya minat belajar pada siswa mengakibatkan siswa sering kali membolos sekolah. Meningkatkan minat dan semangat belajar siswa dapat dilakukan dengan memberikan inovasi belajar sambil bermain, menggunakan game edukasi. Game edukasi berbasis Microsoft Powerpoint memiliki keunggulan mudah digunakan, baik oleh guru ataupun siswa. Selain itu, game edukasi ini menggunakan metode Contextual Teaching and Learning. Untuk membuat game edukasi semakin menarik, maka diperlukan kemampuan desain dan pemahaman fitur-fitur pada Microsoft Powerpoint. Hasil dari program kerja ini ditunjukkan dengan meningkatnya minat belajar siswa sebesar 20% dan peningkatan nilai siswa sebesar 15%. Hasil dari kuesioner yang diberikan, menunjukkan jika game edukasi 85% memuaskan dan disetujui penggunaannya sebagai metode belajar di era pandemi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan ini penulis naskah menyatakan bahwa naskah yang dikirimkan adalah hasil karya penulis sendiri, kecuali yang dikutip.