Konsep Desain Community E-Learning Center sebagai Wadah Pengembangan Minat dan Bakat di SKB Manggar

Authors

  • Tiara Rukmaya Dewi Institut Teknologi Kalimantan
  • Sherlia Institut Teknologi Kalimantan
  • Yun Tonce Kusuma Priyanto Institut Teknologi Kalimantan
  • Hermawan Juliansyah Institut Teknologi Kalimantan
  • M. Aliftara Algifari Institut Teknologi Kalimantan
  • Nur Aliyah Institut Teknologi Kalimantan
  • Muhammad Aji Surya Dharma Institut Teknologi Kalimantan
  • Bani Adam AlFauzi Institut Teknologi Kalimantan

Keywords:

CLC, Konsep Desain, Pendidikan non formal, SKB Manggar

Abstract

Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) adalah unit pelaksana teknis dinas yang menangani urusan pendidikan pada kabupaten/kota yang berbentuk satuan pendidikan nonformal sejenis. Pandemi Covid-19 memerlukan pengembangan media belajar yang inovatif dan menarik, dan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah cara yang dapat diadopsi pada situasi pandemi dan setelah pandemi. Lebih lanjut orang tua dan masyarakat harus terlibat dalam pembelajaran anak selama pandemi, dan tentunya banyak mempengaruhi cara belajar bersama anak. Kebutuhan media belajar yang inovatif dengan dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) membutuhkan ruangan atau bangunan yang secara spesifik mampu mewadahi kegiatan belajar tersebut, sehingga dibutuhkan pembangunan dan kegiatan Community e-Learning Center (CLC/Pusat Pembelajaran Komunitas) yang bisa tepat sasaran. Pada SKB di Kecamatan Balikpapan Timur yaitu di area Manggar, bangunan eksisting SKB membutuhkan renovasi agar kegiatan spesifik tadi bisa terwujud yaitu dengan dibangunnya CLC. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupaya untuk membantu memberikan konsep desain untuk pembangunan community e-learning center sebagai wadah pengembangan minat dan bakat di SKB Manggar. Konsep desain ini harus mampu mengakomodasi beberapa kegiatan dan teknologi seperti pusat pembelajaran masyarakat, mewadahi organisasi dan operasi komite orang tua, peningkatan kesadaran e-learning dan peningkatan kapasitas pendidikan untuk orang tua, mengembangkan program ekstrakurikuler keluarga berbasis e-learning, serta program kegiatan khusus berbasis e-learning untuk keluarga. Konsep desain berupa gambar desain skematik ini akan menjadi awalan untuk terbangunnya fasilitas CLC di Kecamatan Balikpapan Timur di area Manggar. Berdasarkan identifikasi permasalahan yang telah disebutkan sebelumnya, maka didapatkan solusi permasalahannya adalah menyusun konsep desain arsitektural community e-learning center yang mampu mewadahi minat dan bakat peserta pembelajaran serta fungsi, fasad, dan penggunaan energi bangunan yang optimal. Metode pelaksanaan yang akan dilakukan pada program pengabdian kepada masyarakat ini adalah survey tapak dan kondisi eksisting, kajian referensi desain, proses sintesa konsep desain, dan penyampaian konsep desain. Dengan luaran dari pengabdian kepada masyarakat ini yang akan dihasilkan adalah hasil kajian atau rekomendasi berupa Gambar Skematik Desain Arsitektural.

Published

2024-07-18

How to Cite

Dewi, T. R., Sherlia, Yun Tonce Kusuma Priyanto, Hermawan Juliansyah, M. Aliftara Algifari, Nur Aliyah, Muhammad Aji Surya Dharma, & Bani Adam AlFauzi. (2024). Konsep Desain Community E-Learning Center sebagai Wadah Pengembangan Minat dan Bakat di SKB Manggar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 3. Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/1021

Issue

Section

Articles